selamat datang di blog kami.... mudah-mudahan dapat memberi kebaikan bagi kita semua

Senin, 20 Desember 2010

fenomena wikileaks : barat termakan omongan sendiri

beberapa bulan terakhir dunia maya diramaikan oleh pemberitaan mengenai bocornya beberapa dokumen yang dianggap rahasia ke publik. dokumen tersebut menceritakan tentang berbagai misi yang dilakukan pihak barat kepada dunia internasional. beberapa dokumen tersebut menceritakan kisah sesungguhnya dan latar belakang nyata dari sebuah kebijakan.
situs pembocor rahasia itu adalah wikileaks. wikileaks adalah organisasi yang bermarkas di Swedia.situs wikilkeaks membeberkan dokumen rahasia sambil merahasiakan sumbernya.situs yang beralamatkan di http://www.wikileaks.ch ini diluncurkan mulai 2006
Organisasi ini didirikan oleh disiden politik Cina, dan juga jurnalis, matematikawan, dan teknolog dari Amerika Serikat, Taiwan, Eropa, Australia, dan Afrika Selatan.Artikel koran dan majalah The New Yorker mendeskripsikan Julian Assange, seorang jurnalis dan aktivis internet Australia, sebagai direktur Wikileaks. Situs Wikileaks menggunakan mesin MediaWiki.
Pada Juli 2010, situs ini mengundang kontroversi karena pembocoran dokumen Perang Afganistan.Selanjutnya, pada Oktober 2010, hampir 400.000 dokumen Perang Irak dibocorkan oleh situs ini. Pada November 2010, WikiLeaks mulai merilis kabel diplomatik Amerika Serikat. inilah yang menyebabkan dunia barat seperti kebakaran jenggot. mereka yang dianggap sebagai pionir dalam hal kebebasan ternyata masih saja menyembunyikan segala sesuatu kepada pihak yang seharusnya mengetahui hal tersebut.
wikileaks menjadi simbol kebebasan mendapatkan informasi didunia maya.situs itu melaporkan hal yang seharusnya diketahui oleh publik.
dalam masalah ini negara-negara barat yang tersandung dengan wikileaks merasa terancam dengan apa yang dikeluarkan oleh wikileaks. oleh karena itu mereka melakukan berbagai cara untuk mematikan fenomena ini. salah satunya adalah dengan cara memblokir situs ini dan mencari serta menangkap para pendiri dan anggota dari organisasi ini.
barat yang menjadi simbol kebebasan berpendapat seperti termakan omongannya sendiri saat fakta dan data dari kebohongan yang mereka buat ternyata diungkap oleh warganya. sungguh ironis memang, namun bagi kita ini dapat dijadikan sebuah pelajaran bahwa segala kebohongan pasti akan terungkap suatu saat nanti. yang jelas ini adalah menjadi sebuah titik akan kehancuran sistem barat yang dianggap mengedepankan hak-hak asasi manusia padahal mereka sendirilah yang melanggar ucapan mereka tersebut.
di Indonesia situs serupa dengan wikileaks sudah muncul dan sampai bulan desember ini sudah menerbitkan beberapa dokumen rahasia yang diantaranya beberapa fakta ketika presiden soeharto memimpin. serta kasus century.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar