selamat datang di blog kami.... mudah-mudahan dapat memberi kebaikan bagi kita semua

Rabu, 10 November 2010

refleksi hari pahlawan

oleh: samsul bahri

Bung Tomo adalah sapaan akrab dari Sutomo salah satu pahlawan nasional kebanggan arek-arek suroboyo. tak banyak yang tahu bahwa ternyata pahlawan satu ini adalah seorang muslim yang taat. pahlawan yang baru diberi gelar pahlawan saat 10 nopember 2008 ini adalah seorang intelektualis. dia berani menyuarakan apa yang dia rasa tidak adil disekitarnya. dia pula tak takut akan kritik banyak orang. dia memilki keprobadian yang dekat dengan pendidikan dan sangat suka bekerja keras untuk memperbaiaki keadaan.
Bung Tomo adalah salah satu dari sekian banyak pahlawan muslim yang dikenal atas jasa dan kontribusinya bagi bangsa dan juga agama. banyak pelajaran dan hal yang bisa kita ambil dari kisah para pahlawan ini. karena momentumnya bertepatan dengan hari pahlawan (10 nopember) maka tulisan ini dibuat.
menurut wikipedia definisi pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, atau pejuang yang gagah berani. dari definisi tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa diri kita ini yang notabene bukan siapa-siapa dapat menjadi pahlawan minimal bagi diri kita sendiri. prinsip seperti ini yang harus kita tanamkan dalam diri kita. dalam islam sebuah hadits menyebutkan bahwa sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain. itulah refleksi dari arti pahlawan sebenarnya bahwa diri kita ini adalah manusia yang bertanggung jawab dan dituntut untuk tidak menyulitkan orang lain. kita malah dituntut untuk memberikan manfaat bagi sekitar. nilai-nilai dasar seperti ini yang patut kita tanamkan dalam kehidupan sehari-hari.
pesan refleksi lainnya adalah tentang keberanian menetang sebuah tirani kedustaan. para pahlawan seperti dicerminkan Bung Tomo dalam tulisan ini memiliki hal tersebut. Bung Tomo sering berpidato yang isinya membakar semangat juang untuk berani menetang kaum penjajah.. setiap akhir pidatonya Bung Tomo selalu memekikkan kaliamh Allahu Akbar  yang menegaskan kemerdekaan yang kelak ia perjuangkan adalah demi memperjuangkan sebuah kebenaran yang datangnya dari Allah SWT.
masih banyak hal lain yang sebenarnya belum terucap dari refleksi seorang pahlawan.. namun intinya yang dapat kita ambil adalah kita ini sebagai manusia biasapun dapat menjadi pahlawan bagi mereka yang membutuhkan kita. kita dapat menjadi pahlawan untuk memerangi kebodohan, kemiskinan dan segala macam keterbelakangan yang kita alami saat ini.
berikut saya kutipkan sebuah kata-kata terakhir dari kapitan Pattimura (pahlawan muslim)
(Saya katakan kepada kamu sekalian (bahwa) saya adalah beringin besar dan
setiap beringin besar akan tumbang tapi beringin lain akan menggantinya
(demikian pula) saya katakan kepada kamu sekalian (bahwa) saya adalah batu besar
dan setiap batu besar akan terguling tapi batu lain akan menggantinya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar